Otak Tokcer, Gaul Moncer

Soka termasuk gadis populer di sekolahnya, SMA 70, di Bulungan, Jakarta. Tak hanya berwajah manis, Soka juga terkenal supel alias bisa bergaul dengan siapa saja. Hampir semua murid mengenal sosok gadis yang agak tomboy ini, begitu pula dengan guru-gurunya. Ini karena Soka aktif di eskul, dan masuk dalam jajaran murid-murid yang berotak encer!
Bagaimana Soka bisa aktif bergaul tapi tetap memiliki nilai yang yahud? Dari sananya Soka memang sudah dikarunia Tuhan otak yang oke, jadi meski hanya belajar sebentar, ia masih bisa meraih nilai tinggi. Tapi, bukan berarti kebanyakan kita yang umumnya berotak standar tidak bisa seperti Soka. Caranya? Ya pakai strategi dong!
Pernah dengar istilah ‘jembatan keledai’? Yakni istilah yang ditujukan untuk metode menyerdahanakan masalah dan mempermudah pemahaman melalui pelbagai cara seperti akronim atau singkatan, infografik, musik, dan lain-lain. Contohnya, ‘mejikuhibiniu’, yakni akronim dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu, adalah sprektum warna pelangi, yang sering diajarkan guru-guru SD. Ingat dengan lirik lagu, “Timur, tenggara, selatan barat daya, barat, barata laut, utara, timur laut”? Lirik ini lagi - lagi diajarkan untuk anak SD, guna mempermudah menghafal arah mata angin.
Usai sekolah, tidak ada salahnya kamu membuat jembatan keledai versi kamu sendiri, kalau bisa dalam buku berukuran saku baju. Jangan lupa dihiasi warna-warni favorit. Ini untuk mempermudah pembelajaran kamu tentunya, yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Guys, pernah dengar kalimat, “pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik”? Ya, meski mudah bergaul, bukan berarti Soka sembarangan memilih lingkungan teman-teman terdekatnya. Dalam bergaul, Soka cukup selektif. Ia tentu tidak akan berteman dengan seorang pemalas, pengguna narkoba, atau yang suka melakukan tindakan kriminal lainnya.
Teman yang baik tentunya akan memberikan pengaruh yang baik. Seperti jika Soka sedang malas, temannya tentu akan memberikan peringatan. Belum lagi kesempatan mendapatilmu gratis dari teman-teman, apabila ia kesulitan memahami subyek studi tertentu.
Kecanggihan teknologi juga bisa kita manfaatkan apabila ingin tetap bergaul tanpa menyita waktu belajar. Ya, apalagi kalau bukan teknologi internet! Jadi, sembari browsing bahan-bahan pelajaran, kamu juga bisa berkomunikasi dengan teman-teman, ya kan? Dengan internet, kamu juga bisa melihat cuplikan film-film terbaru, atau info-info lainnya untuk menambah wawasan pergaulan kamu. Jadi, urusan gaul lancar, soal belajar no problem!
Terakhir, mengapa tidak memanfaatkan waktu kamu bersama teman-teman untuk belajar bareng? Jika bosan belajar di rumah, bisa juga memanfaatkan fasilitas café atau pusat perbelanjaan. Pasalnya, sudah banyak restoran atau café yang menyediakan layanan untuk pengunjung yang ingin melakukan aktivitas seperti belajar bareng, rapat, konferensi dan lain-lain. Praktis, selain belajar kamu bisa menikmati pemandangan menarik di sekeliling kamu. Asal belajarnya yang benar ya!

btemplates

0 komentar:

Posting Komentar