Pilih Universitas Negeri Atau Swasta ya?

          Dari dahulu sampai saat ini, banyak dari kita semua yang mendambakan masuk ke Universitas Negeri ketika sudah melewati jenjang bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Banyak cara & upaya untuk mensukseskan impian tersebut,baik berupa cara positif maupun negatif. Seolah ini menjadi sebuah mindset yang melekat dimasyarakat Indonesia & susah dihilangkan,entah itu dengan alasan kualitas atau kebanggaan tersendiri.
Seakan pola yang dibentuk itu, menimbulkan sebuah pandangan yang melekat tentang kualitas Universitas Negeri jauh lebih baik ketimbang Universitas Swasta. Karena banyak dari lulusan Universitas Negeri yang jauh lebih sukses ketika lulus dari sekolah tersebut, walaupun tidak semuanya yang sukses & berhasil sesuai dengan tayangan iklan yang sering di ekpose di Media Massa.
Walaupun begitu,Universitas Swasta pada saat ini mengalami kemajuan yang jauh lebih pesat dari segi kualitas & kwantitas bahkan melebihi Universitas Negeri pada umumnya yang berkembang jika ada suntikan dana bantuan dari pemerintah alias belum 100% mandiri. Tapi secara keseluruhan baik itu Universitas Negeri atau Universitas Swasta, mempunyai satu persamaan yang pasti yakni ketika sudah lulus dari jenjang bangku pendidikan tetap saja & selalu saja menjadi seorang pelamar kerja disebuah perusahaan multinasional atau nasional, baik itu lulusan dengan nilai terbaik (cumlaude) atau lulusan dengan nilai seadanya.
         Menyoal silabus, baik universitas negeri atau swasta, sebetulnya memiliki kurikulum yang nyaris sama. Karena itu, baik universitas negeri atau swasta, sama-sama bisa menghasilkan lulusan yang piawai dan sebaliknya. Kecuali, kalau kamu membandingkan dengan universitas luar negeri, tentu lain soal! Mengenai fasilitas, memang rasanya menyenangkan bisa menikmati perpustakaan multi media misalnya. Tapi, dengan aplikasi teknologi yang kian merata, tentu fasillitas tersebut bisa juga dinikmati dinikmati tanpa harus menjadi mahasiswa dari kampus yang bersangkutan.
Bagi kamu yang tertarik berkuliah hingga ke jenjang S-2, maka keputusan berkuliah di universitas negeri bisa jadi tepat. Pasalnya, banyak program beasiswa pasca sarjana, yang diperuntukkan untuk sarjana dari lulusan negeri. Sedangkan bagi kamu yang tertarik menimba dua gelar dalam waktu bersamaan, universitas swasta bisa dijadikan rujukan.
Sekadar informasi, menurut kajian majalah Globe Asia, edisi Februari kemarin, peringkat UPH dan Trisakti keduanya universitas swasta mengungguli sejumlah universitas negeri ternama. Penilaiannya berdasarkan fasilitas, dan peningkatan kurikulum. Beberapa universitas swasta bahkan berani membuka diri untuk mahasiswa asing, sekaligus mendatangkan pengajar asing. Hasil ini tentunya bisa memicu universitas negeri untuk memperbaiki mutunya.



btemplates

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice info broooooooo :) pertanian lebih baik, pertanian lah yang akan mengembangkan kehidupan bangsa.. pilih IPB hehe :P (promosi dikit) infonya http://www.ipb.ac.id... thks, postingan yang bermanfaat….

Posting Komentar